Macro adalah sederetan fungsi dan perintah program yang disimpan dalam menu Visual Basic. MicrosoftExcel menyediakan fitur untuk merekam aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya melalui tools.
- Langkah pertama buka Ms.Excel. kemudian klik seperti gambar dibawah ini kemudian buka Excel Options
- Pada Excel Options beri tanda centang pada menu “Show Developer tab in the Ribbon”. Kemudian klik OK.
- Maka akan muncul tab Developer pada Ribbon.
- Kemudian buatlah contoh table seperti berikut ini.
- Lalu klik tab Developer dan klik menu record macro yang tersedia pada tab. Beri nama macro sesuai dengan nama yang akan digunakan pada tabel. Gunakan tombol ‘Z’ sebagai shortcut untuk table Gaji Kotor. Klik Ok.
- Kemudian ketik sintaks SUM untuk menjumlahkan total gaji kotor pada tabel gaji kotor. Tekan Enter dan Stop Recording.
- Lalu pada kolom kedua cukup tekan CTRL+Z saja. Maka akan otomatis terisi jumlahnya.
- Setting juga macro untuk kolom Gaji Bersih dengan menggunakan CTRL+X sebagai shortcut.
- Lalu ketik juga sintaks SUM pada kolom gaji bersih dengan cara Gaji kotor dikurang (Gaji kotor dikali Pajak). Lalu tekan Enter dan Stop Recording.
Tekan CTRL+X pada kolom kedua dan seterusnya.
- Dan yang terakhir setting macro pada kolom total gaji untuk menghitung total keseluruhan gaji. Gunakan CTRL+C sebagai shortcutnya. Klik Ok.
- Masukkan sintaks SUM dengan cara menjumlahkan Gaji bersih dan Bonus. Kemudian tekan Enter dan Stop Recording.
Kemudian tekan CTRL+C pada kolom kedua dan seterusnya.
0 comments:
Post a Comment